Nuzulul, Ulum (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI MATERI POKOK SUMBER HUKUM ISLAM MELALUI MODEL JIGSAW PADA KELAS X SMK MIFTAHUL HUDA PERON LIMBANGAN KENDAL TAHUN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya guru menggunakan pendekatan dan model yang tepat sehingga siswa kurang aktif dan bergairah dalam mengikuti pembelajaran di kelas sehingga masih banyak siswa yang nilainya di bawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) sehingga prestasi siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi pokok pemahaman Sumber Hukum Islam kelas X SMK Miftahul Huda Peron Limbangan Kendal tahun 2017/2018 dengan model pembelajaran pembelajaran jigsaw. Model pembelajaran kooperatif model pembelajaran jigsaw menitik-beratkan kepada kerja kelompok dalam bentuk kelompok kecil. Model belajar kooperatif jigsaw adalah dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen sehingga siswa bekerja sama saling ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri. Jenis penelitian yang peneliti lakukan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar yang berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi da lam sebuah kelas secara bersama. Tugas utama PTK adalah pengembangan keterampilan guru yang berangkat dari adanya kebutuhan untuk menanggulangi berbagai permasalahan pembelajaran yang bersifat aktual di dalam kelasnya atau di sekolahnya sendiri dengan atau tanpa adanya program latihan secara khusus. Adapun hasil penelitian yang peneliti lakukan ini adalah dengan menggunakan model jigsa w hasil belajar PAI materi pokok pemahaman sumber hokum Islam dapat ditingkatkan. Pada tahap pra siklus keaktifan hanya 56,67%, pada siklus I sebesar 70,83%, pada siklus II mencapai 88,67%. Nilai hasil pra siklus yang lulus KKM 8 siswa, pada siklus I menjadi 17 siswa, dan pada siklus II yang lulus sebanyak 24 siswa. Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Jigsaw
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 06:26 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 06:26 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1708 |
Actions (login required)
View Item |