Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SKI (SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM) DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DI MA. RIYADLUS SHOLIHIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019”

Faisol, Khakim (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SKI (SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM) DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DI MA. RIYADLUS SHOLIHIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019”. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Implementasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan metode discovery learning adalah penerapan pembelajaran pelajaran SKI dengan suatu model pembelajaran yang memungkinkan siswa terlibat secara aktif untuk menemukan berbagai pengetahuan melalui pengalaman langsung dan percobaan. Fokus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: Implementasi pembelajaran SKI (sejarah kebudayaan Islam) dengan metode discovery learning di MA. Riyadlus Sholihin tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui Implementasi pembelajaran SKI (sejarah kebudayaan Islam) dengan metode discovery learning di MA. Riyadlus Sholihin tahun pelajaran 2018/2019 (2) Untuk mengetahui relevansi Implementasi pembelajaran SKI (sejarah kebudayaan Islam) dengan metode discovery learning di MA. Riyadlus Sholihin tahun pelajaran 2018/2019 Kesimpulan penelitian menunjukan: penerapan metode discovery learning seorang guru harus mampu menggunakannya menyesuaikan materi yang diberikan karena tidak selamanya satu metode itu cocok digunakan untuk berbagai m ateri Sejarah Kebudayaan Islam. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MA. Riyadlus Sholihin tersirat satu kegiatan yang utuh terpadu dan tidak terpisahkan antara guru dan siswa. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diwujudkan dalam beberapa komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, guru dan siswa, metode pembelajaran, serta media pembelajaran. Kegiatan pembelajaran bernilai adukatif dan efektif yang mewarnai interaksi antara guru dan siswa dengan menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang mengantarkan siswa lebih cepat memahami materi Sejarah Kebudayaan Islam. pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA. Riyadlus Sholihin adalah keterampilan guru menyampaikan materi dengan berbagai metode dan media yang sesuai dengan materi Sejarah Kebudayaan Islam. Selain itu juga keaktifan siswa menerima dan memahami materi yang ditunjukkan dengan interaksi antara keduanya. . Kata Kunci: Pembelajaran SKI, Metode Discovery Learning dan MA. Riyadlus Sholihin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:43
Last Modified: 02 Oct 2019 02:43
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item View Item