Anik, Saraswati (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI ILMU-ILMU PENGETAHUAN YANG BERKEMBANG PADA MASA DINASTI ABBASIYAH MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CLICK TO CLUE DI KELAS VIII B SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG PADA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (800kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (877kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan media pembelajaran Click To Clue pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII B, 2) Apakah media Click To Clue dapat meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi ilmu-ilmu pengetahuan yang berkembang pada masa Dinasti Abbasiyah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan tindakan kelas. Desain penelitiannya berupa pra siklus, siklus pertama dan siklus kedua.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data secara kualitatif dan analisa data yang bersifat deskriptif kuantitatif. Kesimpulan penelitian menunjukkan : Hasil belajar siswa sebelum penerapan Media Click To Clue Di Kelas VIII B SMP Islam Al Madina Semarang materi Ilmu-Ilmu Pengetahuan Yang Berkembang Pada Masa Dinasti Abbasiyah menunjukkan hasil yang sangat rendah. Setelah dilakukan dengan menggunakan media Click To Clue peserta didik mulai bersemangat dan berani berbicara di depan kelas. Kegiatan pra-tindakan yang di lakukan oleh peneliti adalah mengamati proses pembelajaran dan meminta data nilai ulangan pada Guru untuk nantinya dijadikan perbandingan sebelum penerapan media dan sesudah penerapannya. Hasilnya nilai rata-rata pada pra siklus adalah 65,8 . Dari 30 siswa hanya 10 orang yang mampu mencapai nilai ketuntasan belajar (33%) yakni sama dengan atau lebih dari nilai 70, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 20 orang (67%). Hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Islam Al Madina Semarang setelah dilakukan penelitian tindakan kelas terlihat bahwa pada siklus 1 yaitu nilai rata-rata yaitu 74,6 dan siklus II yaitu nila rata-rata 78. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam materi Ilmu-Ilmu Pengetahuan Yang Berkembang Pada Masa Dinasti Abbasiyah antara sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas dan sesudah dilakukan penelitian tindakan kelas Kata Kunci : Meningkatkan, Hasil Belajar, Media Click To Clue
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 02:17 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:17 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1670 |
Actions (login required)
View Item |