Addib, Auladi Ulya Amin (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENUNUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI TERHADAP SESAMA DI KELAS XI IPA 2 MA AL –ASROR TAHUN PELAJARAN 2018 /2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (456kB) | Preview |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
||
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
|
Text
bab 5.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan proses usaha sadar suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, Material, fasilitas, dan perlengkap ataupun prosedur yang saling mempengarui dalam tujuan pembelajaran. Maka manusia merupakan sistem pengajaran yang terdiri dari siswa, guru dan tenaga lainya. Sistem pembelajaran dapat dilaksanakan dengan cara membaca buku, belajar di kelas atau sekolah, karena prosedur pendidikan meliputi komponen yang saling berkait dalam memdidik peserta didik kasadaran siswa terhadap toleransi yang dilakukan oleh guru pada saat proses belajar dan menanamkan kepada siswa tentang pentingnya saling perbedaan oleh itu guru sanagat berperan dengan usaha semaksimal mungkin dalam mendidik siswa siswinya dalam menyikpi keberagamaaan dan perbedaan. Sebagian besar guru masih cenderung menggunakan ceramah dalam menyampaikan pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran. Penggunaan metode ceramah dalam proses pembelajaran cenderung satu arah dan berpusat pada guru. Hal ini berdampak pada kurangnya kedekatan, keterbukaan, interaksi antara guru dan peserta didik. Akibatnya, proses pembelajaran yang dilakukan akan mengalami hambatan karena perbedaan karekteristik peserta didik namun guru terus melakukan pendekatan secara umum dan personal (pribadi). Berdasarkan hal tersebut, diperlukan pembelajaran PAI dalam proses belajar mengajar. Penelitian mengenai implementasi pembelajaran PAI dalam menumbuhkan sikap toleransi terhadap sesame dengan pembelajaran belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemelajaran PAI dalam bersikap toleransi antar sesama dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam dan di MA AL ASROR Semarang Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa kelas X, XI dan XII. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data diukur menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran dalam menumbuhkan sikap toleransi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA AL ASROR Semarang dilakukan melalui peran guru, usaha guru dan menyikapi fenomena keberagamaan. Peran guru dalam menumbuhkan kesadaram siswa dalam menghargai menghormati dan selaing menghargai perbedaaan di klanagan siswa dan seluruh guru, usaha guru dilakukan melalui kegiatan pembelajaran proyek, pembelajaran pelatihan kesadaran, dan kerukunan dan lain-lain. Sedangkan dalam menyikapi fenomena keberagamaan di kalangan siswa maka yang paling di utamakan menenmkan siswa dalam pendidikan dan Kata Kunci : Pembelajaran PAI, Sikap Toleransi, siswa XI ipa 2 MA Al Asror Semarang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 03:19 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 03:19 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1664 |
Actions (login required)
View Item |