Abdul Munif, Munif (2015) PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO DAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA PUTRA KELAS VIII DI MTs AL-ASROR KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
Text
1 COVER dan abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
Abstract
Abdul Munif 2015. “Pengaruh Gaya Mengajar Komando dan Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas VIII di MTs Al Asror Kota Semarang Tahun Pelajaran 2015-2016” Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wahid Hasyim Semarang. Dr. Soekardi, M.Pd.,Lusiana, M.Pd. Kata kunci : Gaya mengajar Komando, Gaya mengajar Resiprokal, Passing Bawah Bola Voli Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar komando dan resiprokal dan untuk mengetahui gaya mengajar mana yang lebih baik antara gaya mengajar komando dan gaya mengajar resiprokal terhadap passing bawah bola voli pada siswa putra kelas VIII di MTs Al Asror Kota Semarang. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dan sample pada penelitian ini menggunakan rancangan Purposive sampling yaitu siswa MTs Al Asror Kota Semarang sebanyak 30 siswa. Jumlah siswa sebanyak 30 orang dibagi menjadi dua kelompok yaitu eksperimen 1 dan eksperimen 2, dimana diberi latihan gaya komando dan gaya resiprokal. Gaya mengajar komando memberikan pengaruh terhadap kemampuan passing bawah bola voli pada siswa putra kelas VIII di MTs Al Asror. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar -12.717 > -2.042. Gaya mengajar resiprokal memberikan pengaruh terhadap kemampuan passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII di MTs Al Asror dengan nilai hasil uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar -10.486> -2.042. Terdapat perbedaan pengaruh antara gaya mengajar komando dan gaya mengajar resiprokal, dimana gaya mengajar komando lebih kuat dan signifikan dibandingkan dengan kelompok resiprokal. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai kelompok komando sebesar 1,000 lebih baik dibandingkan peningkatan kelompok resiprokal sebesar 0,9666 Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah gaya mengajar komando dan gaya mengajar resiprokal sama-sama memberikan pengaruh terhadap kemampuan passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII MTs Al-asror kota Semarang. Hasil penelitian ini juga menunjukkan terdapat perbedaan antara gaya mengajar komando dan resiprokal, dimana gaya mengajar komando lebih baik dari gaya mengajar resiprokal. Dalam melakukan proses belajar mengajar gaya mengajar yang digunakan sangat menentukan hasil belajar, sehingga gaya mengajar harus dipilih yang paling tepat dengan situasi dan kondisi agar hasil belajar dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 11 Dec 2015 02:35 |
Last Modified: | 11 Dec 2015 02:35 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/148 |
Actions (login required)
View Item |