Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KAYANG MELALUI YOGA POSE DHANURASANA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2018

Afrizal, Andre Brian Rahmad (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KAYANG MELALUI YOGA POSE DHANURASANA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kayang merupakan salah satu materi pelajaran senam lantai yang diajarkan di Sekolah Menengah Atas. Akan tetapi, kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal dikarenakan siswa kurang jelas dalam menerima materi dan kurang lenturnya pinggang, kurang kuatnya otot tangan dan kaki sebagai tempat bertumpu pada saat melakukan kayang, sehingga siswa kesulitan melakuakan gerakan kayang. Hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar siswa, maka perlu adanya media alat bantu pembelajaran sebagai sarana penunjang belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini apakah pembelajaran melalui yoga pose dhanurasana dapat meningkatkan hasil belajar kayang siswa kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan Kabupaten Jepara?.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan yoga pose dhanurasana dalam meningkatkan hasil belajar kayang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pembelajaran dengan latihan yoga dhanurasana bertujuan untuk melenturkan otot pinggang, panggul, tangan dan kaki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan dilapangan yang dilakukan oleh evaluator dan kuesioner siswa. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan rumus yang ada oleh evaluasi kolabolator yaitu guru penjas bersama peneliti. Data dari sikulus I tingakat keberhasilan mencapai 69,1, mengalami kenaikan pada siklus II mencapai 98,5. pengamatan psikomotor diperoleh hasil pada siklus I rata-rata mencapai 79,4 dan mengalami kenaikan pada siklus II mencapai 82,6, Data hasil pengamatan afektif pada siklus I mencapai 79,4 pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 83,5, Dari hasil pemahaman siswa (kognitif) pada siklus I mencapai 67,5 pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 95,3. Pada tahap ini jumlah prosentase kegiatan guru sudah sesuai dengan apa yang diharapakan pada indikator pencapaian. Kesimpul dalam penelitian ini adalah pembelajaran kayang dengan yoga pose dhanurasana dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu bagi guru penjasorkes di SMA Negeri 1 Pecangaan dapat menggunakan yoga pose dhanurasana dalam pembelajaran kayang. Pembelajaran dengan mengunakan yoga pose dhanurasana juga dapat dijadikan alternatif sistem pengajaran agar suasana pembelajaran selalu menyenangkan sesuai tujuan dalam pembelajaran PAIKEM. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kayang, Yoga Pose Dhanurasana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 18 Dec 2018 02:04
Last Modified: 18 Dec 2018 02:04
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item View Item