Wahid Hasyim University | Digital Repository

KONSEP PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM SURAT IBRAHIM AYAT 35-41 PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB (STUDI ATAS TAFSIR AL-MISBAH)

Danuri, Danuri (2018) KONSEP PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM SURAT IBRAHIM AYAT 35-41 PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB (STUDI ATAS TAFSIR AL-MISBAH). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedang sifat penelitian adalah deskriptif, Analisis deduktif merupakan bagian dari metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis deduktif merupakan penarikan kesimpulan yang berdasarkan atas data-data yang khusus kemudian digeneralisasikan pada hal-hal yang bersifat umum. Surat Ibrahim terdiri atas 52 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah karena diturunkan di Mekkah sebelum Hijrah. Dinamakan surah “Ibrahim”, karena surah ini mengandung do’a nabi Ibrahim As yaitu pada ayat 35 sampai dengan 41. Do’a ini isinya antara lain: permohonan agar keturunannya mendirikan shalat, dijauhkan dari menyembah berhala-berhala dan agar Mekkah dan daerah sekitarnya menjadi daerah yang aman dan makmur. Do’a nabi Ibrahim As ini telah diperkenankan oleh Allah SWT. sebagaimana telah terbukti keamanannya sejak dahulu sampai sekarang. Sedangkan dari hasil analisis pada surat ibrahim ayat 35-41 meliputi ketentraman dan keamanan kota Makkah, Tuhan Allah SWT sebagai petunjuk utama, membangun pondasi tauhid, keteladanan, sifat pengampunan. Konsep Pendidikan Spiritual dalam surat Ibrahim ayat 35-41 menurut M. Quraish Shihab dalam tafsir al-Misbah adalah 1) Meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT, 2) Menyembah hanya kepada AllahSWT sang Khaliq, 3) Allah SWT mengetahui segala yang tersembunyi, 4) Mendirikan Shalat sebagi bentuk penyembahan kepada Allah SWT, 5) Berbuat baik kepada kedua orang tua sebagai pencarian ridla Allah SWT. Relevansi penafsiran M. Quraish Shihab terhadap surat Ibrahim ayat 35-41 Dengan teori-teori pendidikan dan aplikasinya pendidikan di Indonesia. diantaranya 1) Meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT, 2) Menyembah hanya kepada Allah SWT sang Khaliq, 3) Allah SWT mengetahui segala yang tersembunyi, 4) Mendirikan Shalat sebagai bentuk penyembahan kepada Allah SWT, 5) Berbuat baik kepada kedua orang tua sebagai pencarian ridla Allah SWT, hal ini relevan dengan standar pendidikan nasional dimana UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional beserta penjelasannya menyebutkan bahwa Tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, agar berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 Aug 2018 03:17
Last Modified: 23 Aug 2018 03:17
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item View Item