Nurul, Falah (2018) IMPLEMENTASI METODE AL-MA’ARIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ NU 02 DESA MOROEJO KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (387kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas Implementasi Metode Al-Ma’arif Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) NU 02 Nuruth Tholibin Desa Mororejo Kaliwungu Kabupaten Kendal. Kajiannya dilatar belakangi banyaknya metode pembelajaran membaca Al-Qur’an dimasa sekarang ini. Oleh karena itu, penerapan metode pembelajaran membaca AlQur’an menjadi salah satu faktor yang mendukung suatu pembelajran membaca Al-Qur’an untuk anak-anak. Untuk metode Al-Ma’arif digunakan di TPQ NU 02 Nuruth Tholibin Desa Mororejo Kaliwungu Kabupaten Kendal agar pembelajaran dapat berhasil sesuai tujuan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana cara mengimplementasikan metode Al-Ma’arif di TPQ NU 02 Nuruth Tholibin ? (2) Faktor-faktor apa saja yang pendukung dan penghambat implementasi metode Al-Ma’arif dalam pembelajaran membaca AlQur’an ? permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di TPQ NU 02 Nuruth Tholibin Desa Mororejo Kaliwungu Kabupaten Kendal. TPQ tersebut dijadikan sumber data untuk mendapatkan potret Implementasi Metode Al-Ma’arif Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sementara pemeriksa keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triagulasi sumber, teknik, dan waktu, serta kelengkapan referensial. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Pembelajaran Al-Quran Dengan Metode Al Ma’arif Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) NU 02 Nuruth Tholibin Mororejo Kaliwungu Kendal sangat membantu anak didik dalam proses belajar al-Qur’an baik membaca, menulis, dan menghafal al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid dan makharijul huruf. (2) analisis faktor pendukung dan penghambat Implementasi Pembelajaran Al-Quran Dengan Metode Al Ma’arif Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) NU 02 Nuruth Tholibin yang peneliti kemukakan nantinya diharapakan akan dapat memberikan saran dan sumbangsih berupa pemikiran yang dapat dijadikan bahan evaluasi ke depan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran al-Qur’an melalui metode Al Ma’arif di TPQ NU 02 Nuruth Tholibin. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi Kepala TPQ, Ustadz/ ustadzah, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 07:26 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 07:26 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1262 |
Actions (login required)
View Item |