Muhamad, Khasanudin (2018) STUDI ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NU 05 BRANGSONG KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
1-Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2-BAB I.pdf Download (908kB) | Preview |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
||
|
Text
6-BAB V.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
7-Daftar Pustaka.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
8-Lampiran.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter Islami melalui ekstrakurikuler pramuka di SMA NU 05 Brangsong Kendal. (2) Mengetahui nilai-nilai karakter Islami yang terdapat dalam Pendidikan kepramukaan di SMA NU 05 Brangsong Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif/penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang mendeskripsikan dan menjelaskan suatu fenomena, tingkah laku sosial, yang merupakan turunan filosofi fenomenologi. Artinya, Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang akurat serta objektif tentang pendidikan karakter Islami melalui ekstrakurikuler Pramuka di SMA NU 05 Brangsong Kendal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif analis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, maka dapat di simpulan bahwa pendidikan karakter Islami melalui ekstrakurikuler Pramuka di SMA NU 05 Brangsong dapat terlaksana dengan baik. Adapun proses untuk membentuk karakter peserta didik yaitu melalui proses pemahaman, pembiasaan perbuatan yang baik, dan teladan yang baik dari para guru dan pembina. Dengan demikian, dapat terwujud nilai-nilai karakter Islami bagi para peserta didik. Nilainilai karakter Islami yang terkandung dalam kegiatan kepramukaan di SMA NU 05 Brangsong yang sesuai dengan poin-poin dari Dasadarma antara lain: Beriman dan Bertakwa/ Religius, Tanggung jawab dan Amanah, Cinta Tanah Air, Disiplin, Mandiri, Kerja sama, Hormat dan Patuh, Cinta Kebersihan, Pemaaf, Sopan, dan Bersedekah. Semua nilai-nilai tersebut telah tertanam dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 06:37 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 06:37 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1252 |
Actions (login required)
View Item |