Adilan, Salaeh (2018) SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD ASSAQAFAH AL-ISLAMIYAH PATANI THAILAND SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (566kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama Islam berusaha secara maksimal untuk menentukan kepribadian siswa berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dalam Al-qur’an dan As-sunnah. Hal ini berati bahwa pendidikan agama Islam memerlukan metode pembelajaran yang cocok dan harus mendapat perhatian serius dari para guru agama karena memiliki pengaruh yang sangat berarti atas keberhasilannya. Dalam mentransfert pengetahuan agama kepada siswa diutuhkan metode pembelajaran agar siswa mampu menangkap pesan yang hendak disampaikan. Penelitian ini berjudul sistem pembelajaran Pendidikan agama Islam di Ma’had Assaqafah Al-Islamiyah Patani Thailand Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Ma’had Assaqafah Al-Islamyah Patani Thailand Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melahirkan putra dan putri bangsa yang cukup terlatih, berakhlak, berkemampuan dan berdiplinan di masa akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian langsung dengan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil akhir dari penelitian kualitatif keberhasilan dalam pelaksanaan sistem pembelajaran pendidikan agama Islam di Ma’had Assaqafah Al-Islamiyah Patani Thailand Selatan adalah merupakan sebuah lembaga pendidikan agama Islam yang ikut menjalankan dan melaksanakan sistem pendidikan secara persekolahan dari tingkat Ibtida’iyah, Mutawassit dan Tsanawiyah. Dan mempunyai bidang agama dengan mengunakan bahasa melayu sebagai bahasa resmi dalam menyampaikan materi pembelajaran, metode ceramah, metode diskusi, metode eksperimen, metode tanya jawab, metode hafalan. Ma’had Assaafah Al-Islamyah mengadakan evaluasi terhadap siswa dengan dua macam test yakni test sumatif dan formatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 06:11 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 06:11 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1212 |
Actions (login required)
View Item |